Breaking News
Home / Profil / Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Pasal 3 Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2016 tentang  Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Palangka Raya, menyebutkan bahwa Kecamatan ditetapkan sebagai perangkat daerah dan Kecamatan Pahandut termasuk Tipe A.

  1. Camat;
  2. Sekretaris terdiri dari :
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaiaan;
  • Sub Bagian Keuangan;
  • Sub Bagian Perencanaan dan Aset;
    1. Seksi Tata Pemerintahan;
    2. Seksi Pemeberdayaan Masyarakat Kelurahan;
    3. Seksi Ketentraman dan Ketertiban;
    4. Seksi Kesejahteraan Sosial;
    5. Seksi Pelayanan Masyarakat;
    6. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

Berdasarkan Peraturan Walikota Palangka Raya Nomor 50 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Fungsi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan Kota Palangka Raya, Susunan Organisasi Kecamatan dengan Tipe A sebagai berikut :

  1. Camat;
  2. Sekretariat terdiri dari :
  1. Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi Keuangan dan Aset;
  2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaiaan;
  3. Seksi terdiri dari:
  4. Seksi Tata Pemerintahan;
  5. Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat;
  6. Seksi Pelayanan Masyarakat;
  7. Seksi Kesejahteraan Sosial;
  8. Seksi Ketentraman dan Ketertiban;
  1. Camat

Camat mempunyai tugas penyelenggaraan urusan pemerintahan umum, ketentraman dan ketertiban, penyelenggaraan ekonomi dan pembangunan, kegiatan kesejahteraan sosial, pemberdayaan masyarakat, urusan pemerintah yang menjadi kewenangan kota yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintah Daerah kota yang ada di kecamatan;

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana diatas camat fungsi sebagai berikut :

  1. pengkoordinasian urusan pemerintahan umum;
  2. pengkoordinasian urusan ketentraman dan ketertiban;
  3. pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ekonomi dan pembangunan;
  4. pengkoordinasian kegaiatan kesejahteraan sosial;
  5. pengkoordinasian pemberdayaan masyarakat;
  6. pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  7. pengkoordinasian pemeliharaan prasaran dan fasilitas pelayanan umum; dan
  8. pengkoordinasian pemerintahan kelurahan di wilayah kerjanya.
  1. Sekretariat Kecamatan

Sekretariat mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kecamatan di bidang kesekretariatan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana diatas Sekretariat mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. pelaksanaan penyusunan rencana program kegiatan kecamatan;
  2. pelaksanaan pelayan adiminstrasi kesekretariatan kecamatan dan kelurahan;
  3. pelaksanaan pengkoordinasian penyusunan rencan, program, evaluasi dan pelaporan kegiatan Kecamatan dan Kelurahan;
  4. pengkoordinasian penyelenggaraan tugas Seksi;
  5. Fasilitasi dan pengkoordinasian kegiatan Kecamatan dengan Instansi terkait dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kecamatan. pengkoordinasian pemberdayaan masyarakat;
  6. pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  7. pelaksanaan monitoring, evaluasi, pelaporan dan pengendalian adiminstratif kegiatan kesekretariatan dan kecamatan; dan
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi Keuangan dan Aset

Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi Keuangan dan Aset mempunyai tugas melakukan penyaian bahan penyusunan rencana, program, anggaran, pemantauan, Evaluasi dan pelaporan, evaluasi, ekuangan dan aset pelaksanaan kegiatan lingkup kecamatan.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan urusan kepegawaian, tata usaha, rumah tangga, kerja sama, komunikasi dan informasi serta ketatalaksanaan.

Seksi Pemerintahan

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kecamatan di Bidang pemerintahan.

untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan data dan materi bahan lingkup pemerintahan;
  2. fasilitasi dan pengkoordinasian kegiatan pemerintahan dengan Instansi terkait;
  3. pembinaan adminstrasi pemerintahan Kelurahan;
  4. pengadministrasi pertanahan;
  5. pengadiminstrasi kependudukan;
  6. pembinaan Rukun Warga dan Rukun Tetangga;

g.pelaporan pelaksanaan lingkup pemerintahan;

  1. penyusunan data dn bahan materi lingkup pelayanan pemerintahan;dan
  2. fasilitasi dan pengkoordinasian kegiatan pelayanan pemerintahan dengan Instansi terkait.

Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kecamatan di Bidang Ekonomi, Pembangunan.

untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai fungsi :

  1. Menyusunan data dan bahan materi lingkup pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat.
  2. fasilitasi bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
  3. inventarisasi potensi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  4. fasilitasi dan pembinaan terhadap lembaga kemasyarakatan dan lembaga lainnya ditingkat kecamatan dan kelurahan;
  5. fasilitasi sarana dan prasarana fisik fasilitas umum dan fasilitas social;
  6. fasilitasi upaya pelestraian lingkungan hidup dan pelaksanaan program kebersihan dan keindahan;
  7. fasilitasi dan pengkoodinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat, pembangunan dan instansi terkait;
  8. pelaporan pelaksanaan lingkup pembangunan dan pemberdayaan masyarakat; dan
  9. pengadminstrasian lingkup Pembangunan dan Pemberdayaan Masyararakat.

Seksi Pelayanan Masyarakat

Seksi Pelayanan Masyarakat mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kecamatan di Bidang Pelayanan Masyarakat.

untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas Seksi Pelayanan Masyarakat mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan data dan materi bahan lingkup Pelayanan Masyarakat;
  2. Inventarisasi dan fasilitasi Pelayanan Masyarakat;
  3. inventarisasi potensi bidang Pelayanan Masyarakat;
  4. fasilitasi dan pengkoordinasian kegiatan bidang Pelayanan Masyarakat dengan Instansi terkait;
  5. Pelaporan pelaksanaan lingkup bidang pelayananan masyarakat; dan
  6. pengadministrasian lingkup pelayanan masyarakat.

Seksi kesejahteraan Sosial

Seksi kesejahteraan Sosial mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kecamatan di Bidang kesejahteraan Sosial.

untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas Seksi kesejahteraan Sosial mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan data dan materi bahan lingkup kesejahteraan Sosial;
  2. Inventarisasi dan fasilitasi masalah kesejahteraan Sosial;
  3. inventarisasi potensi bidang kesejahteraan Sosial;
  4. Pembinaan terhadap lembaga kesejahteraan sosial ditingkat Kecamatan dan Kelurahan;
  5. fasilitasi dan pengkoordinasian kegiatan bidang kesejahteraan sosial dengan Instansi terkait;
  6. Pelaporan pelaksanaan lingkup bidang kesejahteraan sosial; dan
  7. pengadministrasian lingkup kesejahteraan sosial.

Seksi Ketentraman dan Ketertiban

Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kecamatan di Bidang Ketentraman dan Ketertiban.

untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan data dan materi bahan lingkup Ketentraman dan Ketertiban;
  2. pembinaan Ketentraman dan Ketertiban;
  3. pembinaan potensi perlindungan masyarakat;
  4. fasilitasi pencegahan dan penanggulangan bencana;
  5. fasilitasi dan pengkoordinasian kegiatan bidang Ketentraman dan Ketertiban dengan Instansi terkait;
  6. Pelaporan pelaksanaan lingkup bidang Ketentraman dan Ketertiban; dan
  7. pengadministrasian lingkup Ketentraman dan Ketertiban.

 

GEOGRAFI (keadaan daerah).

Kecamatan Pahandut adalah salah satu diantara 5 (lima) Kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya dengan luas wilayah 117,25 Km2 dengan topografi terdiri dari tanah datar, berawa-rawa  dan dilintasi oleh sungai Kahayan.

Yang secara administrasi berbatasan dengan :

  • Sebelah Utara        :  berbatasan dengan Kecamatan Kahayan Tengah
  • Sebelah Timur       :  berbatasan dengan Kecamatan Sebangau.
  • Sebelah Selatan     : berbatasan dengan Kecamatan Sebangau.
  • Sebelah Barat        :  berbatasan dengan Kecamatan Jekan Raya

 

PEMERINTAHAN

Pemerintahan Kota Palangka Raya sebelumnya terdiri dari 2 (dua) Kecamatan, 21 (dua puluh satu) Kelurahan. Pada Tahun 2003 dimekarkan menjadi 5 (lima) Kecamatan dan 30 (tiga puluh) Kelurahan sementara itu di Kecamatan Pahandut yang sebelumnya terdiri dari 1 (satu) Kecamatan dan 11 (sebelas) Kelurahan, dalam rangka mempercepat pelayanan kepada masyarakat, maka pada Tahun 2002 dimekarkan menjadi 3 (tiga) Kecamatan, 16 (enam belas) Kelurahan, dan Kecamatan Pahandut terdiri dari 6 (enam) Kelurahan yaitu :

  1. Kelurahan Pahandut (lama)
  2. Kelurahan Panarung (lama)
  3. Kelurahan Langkai (lama)
  4. Kelurahan Tumbang Rungan (lama)
  5. Kelurahan Pahandut Seberang (Baru)
  6. Kelurahan Tanjung Pinang (Baru)

 

PROGRAM

Adapun uraian 8 (delapan) program yang dilaksanakan Tahun Anggaran 2017 adalah sebagai berikut :

a. Program Pelayananan administrasi perkantoran ;

  1. Penyediaan surat- menyurat;
  2. Penyediaan jasa telekomunikasi, sumber daya air, listrik, telepon dan speedy internet;
  3. Belanja jasa peralatan dan perlengkapan kantor;
  4. Penyediaan jasa perbaikan peralatn kerja;
  5. Penyediaan alat tulis kantor;
  6. Penyediaan barang cetakan dan penggandaan;
  7. Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor;
  8. Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan;
  9. Penyediaan makanan dan minuman;
  10. Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah;
  11. Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke dalam daerah;
  12. Penunjang kegiatan di bagian keuangan;
  13. Penyediaan jasa palangka fair;
  14. Penatausahaan  Aset SKPD;

b. Program Peningkatan sarana dan prasarana aparatur ;

  1. Pengadaan perlengkapan gedung kantor;
  2. Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor;
  3. Pemeliharaan rutin/berkalakendaraan dinas/operasional;
  4. pengadaan Meubelair;

c. Program Peningkatan Disiplin Aparatur ;

  1. Pengadaan pakaian dinas beserta kelengkapannya;

d. Program Peningkatan kapasitas sumber daya aparatur ;

  1. Kursus, Pelatihan, Sosialisasi dan Bimbingan Teknis;

e. Program Peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan ;

  1. Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD;
  2. Penyusunan Program dan Rencana Kerja;

f. Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Pedesaan;

  1. Pembinaan PKK Kecamatan;
  2. Kegiatan PATEN;
  3. Pengumpulan Data dan Informasi;
  4. Penunjang Kinerja damang dan mantir adat Kecamatan;
  5. Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan;
  6. Penyelenggaraaan Gotong Royong;
  7. Koordinasi dan Pembinaan Kelurahan;
  8. Pertemuan RW/RT se kecamatan;
  9. Pembinaan Perpustakaan;
  10. Pemantauan IMB;
  11. Kegiatan TSAK;
  12. Penunjang Kegiatan RASKIN;

g. Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam membangun Desa/Kelurahan;

  1. Pembinaan RT/RW;
  2. Penyusunan profil kelurahan;
  3. Pendataan, Pelaporan dan Pemantauan Kebakaran Hutan dan Lahan;
  4. Penyelenggaraan Kegiatan Pemuda dan Olah Raga;
  5. Pelaksanaan festival budaya ;
  6. Musrenbang kecamatan;
  7. Lomba kebersihan kecamatan (lomba kampung hijau);
  8. Lomba kelurahan;
  9. Pemeliharaan tapal batas kecamatan dan kelurahan;
  10. Penanganan kasus pada wilayah kecamatan/ kelurahan;
  11. Pembinaan LPTQ;
  12. Pembinaan Teknologi Tepat Guna;
  13. Peningkatan pelayanan dan peanggulangan masalah gizi/kesehatan;
  14. Pemantauan Pelaksanaan Kebersihan Kecamatan;
  15. Peningkatan pelayanan adminstrasi dan sarana prasarana perkantoran di Kelurahan Pahandut;
  16. Peningkatan pelayanan adminstrasi dan sarana prasarana perkantoran di Kelurahan Panarung;
  17. Peningkatan pelayanan adminstrasi dan sarana prasarana perkantoran di Kelurahan Langkai;
  18. Peningkatan pelayanan adminstrasi dan sarana prasarana perkantoran di Kelurahan Pahandut Seberang;
  19. Peningkatan pelayanan adminstrasi dan sarana prasarana perkantoran di Kelurahan Tanjung Pinang; dan
  20. Peningkatan pelayanan adminstrasi dan sarana prasarana perkantoran di Kelurahan Tumbang Rungan.

h. Program Penataan Administrasi kependudukan ;

  1. Pengelolaan Adminstrasi Kependudukan;
  2. Sosialisasi kebijakan kependudukan;